(0) items

Anda belum membeli barang apapun

Duduk Lama di Kursi? Simak Panduan Memilih Kursi Kantor yang Baik Untuk Kesehatan Ini

Duduk Lama di Kursi? Simak Panduan Memilih Kursi Kantor yang Baik Untuk Kesehatan Ini

Anda seorang pekerja kantoran yang terkondisikan untuk duduk sepanjang hari? Anda tentu perlu simak informasi ini.

Kita semua pasti tahu, bahwa setiap pekerjaan memilki dampak atau risiko terhadap kesehatan. Tak terkecuali pekerjaan yang menuntut anda duduk dalam waktu yang lama di depan customer atau komputer.

Beberapa risiko kesehatan yang mungkin timbul akibat terlalu lama duduk adalah gangguan kesehatan pada tulang belakang, pinggul, dan otot di sekitar leher.

 

Jika hanya satu atau dua hari, mungkin saja gangguan ini tidak akan terlihat. Namun, akan lain cerita bila Anda melakukan (kegiatan) ini setiap hari, selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun lamanya.

Beberapa gangguan kesehatan yang dapat terjadi (akibat duduk lama sepanjang hari), antara lain:

 

Kelelahan Mental
Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap pekerja dengan intensitas duduk yang relatif lama (kurang-lebih enam jam sehari), menunjukkan bahwa sebagian besar dari pekerja tersebut memiliki peningkatan risiko kelelahan mental.  Adapun, beberapa gejala kelelahan mental yang mereka tunjukkan adalah mudah lelah, gugup, dan mudah cemas.

 

Berat Badan Meningkat

Sudah bukan informasi baru, bila kurang gerak dapat memicu diabetes pada tubuh, tak terkecuali bila Anda duduk sepanjang hari. Menurut beberapa penelitian, duduk terlampau lama tanpa diimbangi aktivitas fisik, dapat menurunkan metabolisme tubuh dan mengakibatkan diabetes.

Selain itu, duduk terlampu lama pun dapat menyebabkan penumpukkan lemak tubuh dan mengakibatkan tubuh Anda semakin melebar.

 

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Duduk terlampau lama dapat membuat otot-otot tubuh mengendur dan sirkulasi darah ikut menurun. Jika sudah demikian, lemak jahat dalam tubuh pun lama-kelamaan dapat meningkat. Hal inilah yang dapat memicu risiko penyakit jantung.

 

Memicu Nyeri Punggung

Duduk berjam-jam dapat memicu nyeri pada tulang punggung. Bahkan, dapat mengubah struktur/bentuk dari tulang punggung Anda. Hal ini erat kaitannya dengan gangguan saraf tulang belakang yang kerap kali tertekan, ketika Anda duduk berjam-jam.

 

Mengurangi Fleksibilitas Tulang Belakang
Menurut beberapa penelitian, duduk terlampau lama dapat mengurangi fleksibilitas tulang belakang. Penurunan ini dipengaruhi oleh menurunnya perkembangan disk lembut di tulang belakang yang bernama nucleus poposus.

Untuk mengurangi risiko ini, Anda dianjurkan untuk melakukan beberapa aktivitas fisik dan tidak hanya duduk di sepanjang hari. Meskipun demikian, sering kali kita tidak berdaya untuk menolak duduk sepanjang hari. Karena, aktivitas inilah yang harus dilakukan untuk menunjang pekerjaan. Solusinya, Anda dapat melakukan rehat sejenak dan melakukan sedikit relaksasi, dalam bentuk gerakan olahraga ringan di kantor.

Anda juga dapat melakukan peregangan otot dengan cara berjalan-jalan di sepanjang koridor kantor atau sekadar menjumpai rekan kerja lain yang berada di kubik yang berbeda. Cara ini dipercaya efektif untuk menurunkan stres yang dapat memicu kelelahan fisik dan mental.

Selain cara-cara di atas, ada cara lain yang tidak kalah efektif untuk mengurangi risiko kesehatan akibat duduk terlalu lama, yaitu dengan menggunakan kursi kantor yang ergonomis.

Kursi kantor ergonomis mampu menyesuaikan gerakan tubuh yang diperlukan, sehingga Anda merasa lebih nyaman dan tidak cepat lelah. Dengan menggunakan kursi yang tepat, kelelahan pada otot tubuh dapat dikurangi dan postur tulang punggung tetap pun tetap terjaga secara fisiologis.

Berikut adalah beberapa fitur yang dapat ditemui pada kursi kantor ergonomis:

 

·         Lengan Kursi

Tidak semua kursi membutuhkan fitur ini. Bukan karena tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh, tetapi karena desain ruang kerja yang terkadang tidak sesuai. 

Beberapa meja ada yang tidak cocok dengan bentuk kursi yang memiliki lengan. Jadi, jika Anda menginginkan lengan kursi untuk mengurangi ketegangan pada otot tangan, pastikan kursi itu sesuai dan muat dengan meja kantor Anda.

 

·         Fitur Pengaturan Tinggi Kursi

Fungsi pengaturan ini merupakan salah satu fitur penting bagi kursi yang “ramah” untuk kesehatan Anda. Kursi yang tidak sesuai dengan tinggi tubuh akan menimbulkan rasa pegal pada bagian tubuh tertentu.

Saat memilih kursi kantor, pilihlah kursi yang dapat diatur ketinggiannya. Setelah itu, jangan lupa untuk mengatur ketinggian kursi sesuai dengan tubuh Anda. Karena, masing-masing kursi harus dipersonalisasikan dengan ukuran dan tinggi penggunanya.

Kursi yang baik ialah yang memiliki proporsi yang tepat antara tinggi kursi dan tinggi tubuh. Salah satu tipsnya ialah usahakan kaki Anda mampu menyentuh lantai dengan sudut hampir 900. Bahkan, menurut beberapa pakar kesehatan, posisi duduk yang baik yaitu yang memiliki tinggi lutut sedikit lebih rendah dari tinggi pinggang.

 

·         Roda Pada Kursi

Satu lagi fitur kursi penting untuk Anda, adalah roda pada kursi. Ya, kursi yang memiliki roda dapat memudahkan Anda bergerak. Dengan adanya roda di kaki kursi, Anda tidak perlu beranjak saat ingin menjangkau atau meraih sesuatu yang berada agak jauh dari posisi Anda saat itu. 

Selain itu, kursi yang memiliki kemampuan mobilitas yang tinggi, mampu menjaga fokus Anda saat bekerja, karena memudahkan untuk meraih apa-apa saja yang Anda perlukan (saat bekerja). Namun, terbatas untuk jarak yang dekat saja.

 

·         Fitur Putar

Terakhir, ialah fitur putar. Fitur ini memungkinkan Anda untuk meraih/menjangkau benda-benda yang ada di sekitar Anda–baik di samping maupun belakang—tanpa membuat Anda beranjak dari tempat duduk. 

Keberadaan fitur ini dapat mengurangi kerja otot dan meningkatkan kenyamanan Anda saat bekerja.

Nah, demikian informasi mengenai kursi kantor yang ergonomis. Fitur-fitur yang terdapat pada kursi ini, dapat membantu mengurangi kelelahan fisik dan otot, yang mungkin saja terjadi saat Anda duduk seharian.

Jadi, bagi Anda yang dikarenakan urusan pekerjaan harus duduk dalam jangka waktu yang lama, tidak ada salahnya untuk mulai menggunakan kursi kantor ergonomis. Selain “ramah” bagi kesehatan, kursi ini juga dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda saat bekerja, Karena nyaman dan tidak membuat Anda cepat lelah.

 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar